fbpx

Strategi Advertising Mana Yang Sesuai Dengan Bisnis Anda

Pemilik bisnis kecil perlu bersikap realistis tentang kampanye advertising mereka. Biasanya, tentu mereka akan mencari solusi yang efektif dan harga terjangkau, tapi masalahnya kadang sulit menemukan saluran advertising yang efektif sekaligus tidak mahal.

Itu sebabnya Anda sangat perlu mengatur anggaran untuk iklan dengan sangat baik. Dengan menentukan jumlah uang pada saluran yang tepat, Anda bisa mendapat hasil yang Anda mau. Karena pengeluaran bulanan untuk iklan Anda akan konsisten, sebaiknya ukur  keefektifan saluran iklan yang Anda pilih.

Kenapa iklan penting untuk bisnis dan juga konsumen?

Tujuan utama bisnis adalah menjual produk dan layanan untuk mendapat keuntungan. Iklan membantu bisnis mendapat keuntungan dengan membuat lebih banyak orang tahu tentang produk atau layanan dan kemudian menghasilkan lebih banyak penjualan. Konsumen, sebaliknya, tidak akan tahu tentang produk dan layanan bila tidak diiklankan. Iklan membantu pelanggan membuat keputusan berkaitan dengan produk dan layanan yang akan dibeli. Dengan bantuan iklan, pelanggan bisa menentukan pilihan yang terbaik. Ketahui apa saja yang boleh dan tidak boleh dalam internet marketing.

Baca juga: Pentingnya Advertising Bagi Perusahaan

Saat ini, industri iklan telah menjadi industri besar karena banyaknya jumlah produk dan layanan yang ditawarkan. Sebagai akibatnya, kompetisi juga meningkat, menuntut tiap pebisnis mempromosikan produk dan layanan mereka dengan cara yang paling baik. Ini kemudian memicu perkembangan teknik iklan baru dan peningkatan jumlah agensi iklan yang ada saat ini. Tujuan dari tiap kampanye promosi adalah memungkinkan produk menggapai orang yang tepat dengan meningkatkan kesadaran tentang produk tersebut, manfaatnya dan kekurangannya. Ini penting untuk keberhasilan sebuah bisnis.

Promosi

Tujuan utama iklan adalah menunjukkan kalau Anda punya sesuatu yang bagus untuk ditawarkan. Ini bisa apa saja mulai dari event hiburan yang Anda promosikan, produk baru yang Anda jual, kampanye politik yang Anda atur, atau ekspansi dari platform layanan yang sudah ada. Baik promosi menggunakan iklan cetak atau billboard, kontennya tetap mengikuti aturan jurnalisme dengan mengidentifikasi siapa, apa, dimana, kapan, dan kenapa.

Awareness

Iklan membantu meningkatkan kesadaran tentang sesuatu yang orang tidak familiar serta mendidik mereka tentang manfaat tertentu dari produk atau layanan Anda. Contoh populernya adalah industri penanganan masalah kesehatan. Bila misalnya, seorang pelanggan menonton iklan televisi dimana seseorang menjelaskan rasa sakit yang mirip dengan yang dialami penonton, iklan tidak hanya mengidentifikasi penyebab yang mungkin tapi juga menyarankan pilihan penyembuh atau penanganan untuk dibahas bersama dokter.

Perbandingan

Iklan mengundang audiens target untuk mengevaluasi bagaimana produk atau layanan Anda dibandingkan dengan kompetitor Anda. Demonstrasi produk pembersih rumah tangga adalah contoh bagus untuk ini, karena mereka memberi bukti visual tentang produk mana yang lebih cepat dan efektif mengatasi noda membandel. Iklan politik jadi contoh lain bagaimana iklan memberi  perbandingan kualifikasi kandidat agar pembaca dan penonton bisa membuat keputusan saat pemilihan.

Retensi

Kampanye iklan yang berkelanjutan penting untuk mengingatkan pelanggan kalau Anda masih ada. Di kondisi ekonomi yang semakin sulit dimana banyak toko, restoran, dan perusahaan kehilangan bisnis, menjaga keberadaan Anda melalui iklan teratur, event, dan website yang dinamis sangat penting untuk jangka panjang. Di sisi lain langkah ini juga menarik pelanggan baru yang belum membutuhkan produk atau layanan Anda ketika pertama kali diluncurkan tapi sekarang mereka merasa senang mengingat tentang Anda.

Baca juga:  8 Tren Desain Grafis Terpopuler yang akan Mendominasi 2019

Strategi Advertising Untuk Bisnis Kecil

Strategi Advertising yang sesuai dengan Bisnis anda

Demi mengoptimalkan usaha Anda maka berikut ini beberapa strategi iklan terbaik untuk bisnis kecil:

Targetkan audiens Anda

Banyak bisnis kecil tidak menjalankan kampanye tertarget yang memadai, padahal menargetkannya jadi salah satu manfaat terpenting.

Anda harus bisa menciptakan profil pelanggan target yang akurat berdasarkan data yang Anda kumpulkan. Dari informasi ini, dan apa yang Anda tahu tentang  pelanggan saat ini, Anda bisa mulai menargetkan kampanye untuk menarik lebih banyak pelanggan.

Melakukan advertising secara online maupun offline, pastikan Anda merefleksikan jenis pelanggan yang Anda ingin ajak kerja sama. Kuncinya adalah menargetkannya dengan baik.

Mengukur iklan Anda

Banyak bisnis kecil tidak tahu apakah advertising mereka bekerja dengan tepat. Platform advertising online seperti Google AdWords dan Facebook akan membantu Anda menentukan apa yang berhasil dan mana yang tidak. Tapi ini tidak berarti Anda tidak perlu menguji dan bereksperimen, karena butuh waktu untuk Anda menciptakan sebuah iklan yang sesuai dengan pelanggan target, tapi tidak berarti Anda bisa membuat keputusan lebih cepat tentang apa yang akan dicoba selanjutnya.

Ketahui kapan melakukan advertising

Sekilas, melakukan advertising selama satu tahun dan menyebar anggaran secara merata dari bulan ke bulan terlihat bijak dan jadi pendekatan yang masuk akal. Tapi bila Anda meneliti kembali, kemungkinan Anda melakukan banyak hal yang tidak bisa diukur. Tak ada cara untuk mendorong inisiatif marketing dan advertising sepanjang tahun.

Bila Anda menjual produk musiman, Anda perlu melakukan advertising saat high season. Anda bahkan perlu mulai melakukannya lebih awal dan melanjutkannya sedikit lebih lama.

Baca juga: Mengenal Istilah Tipografi

Menjelang hari raya dan liburan cenderung jadi musim puncak, bergantung jenis bisnis yang Anda jalankan. Akan bermanfaat bila Anda mengesampingkan uang iklan tambahan untuk hari-hari ini. Anda juga patut mengawasi kapan kompetitor meluncurkan promosi besar mereka. Bila Anda punya anggaran iklan, Anda bisa menjaga jarak atau bahkan mengungguli langkah mereka. Baca artikel kami tentang lead dan penjualan.

Melakukan branding dengan baik

Bisakah pelanggan Anda segera mengidentifikasi iklan Anda berdasarkan pilihan warna, gambar, atau logo? Bila pertanyaan ini terkesan absurd, coba lihat yang brand dan perusahaan besar lakukan. Sering kali, Anda bisa mengenali iklan mereka hanya dari warna yang mereka gunakan.

Seiring waktu, pelanggan akan mengidentifikasi dan merespon layout iklan Anda. Akan muncul kecenderungan untuk mengubah branding Anda tiap kali membuat iklan baru, ini bisa membuat pelanggan bingung dan tidak efektif untuk jangka waktu lama. Tujuan Anda adalah muncul di tempat yang diharapkan, dengan iklan yang terlihat familar, yang konsisten sesuai dengan pelanggan target. Intinya adalah melakukan branding dengan baik dan tetap pada citra yang sudah ada.

Gunakan sumber yang ada dengan baik

Anda tahu pentingnya masuk peringkat atas dalam pencarian, tapi Anda mungkin tidak punya sumber dan waktu untuk secara konsisten menciptakan konten baru dan informatif untuk website Anda.

Pada kondisi sepert itu, yang bisa Anda lakukan adalah memanfaatkan layanan seperti Google AdWords dan Bing Ads agar Anda muncul lebih tinggi pada hasil SERP tanpa perlu mengoptimasi postingan untuk kata kunci yang telah Anda pilih. Ini jadi sumber yang baik bila Anda punya anggaran untuk iklan, tapi tidak punya waktu untuk membuat konten.

Bila Anda hanya memiliki anggaran sedikit yang dialokasikan untuk iklan, tentu tidak masuk akal membuat iklan di majalah mahal. Kampanye iklan Facebook akan jauh lebih praktis, karena Anda bisa mengontrol pengeluaran harian. Buat penilaian yang jujur untuk sumber yang tersedia untuk Anda, dan  buat sumber tersebut membantu Anda menumbuhkan bisnis.

Muncul di tempat yang tepat

Akan berbahaya bila membuat terlalu banyak asumsi tentang pelanggan target Anda. Misalnya, bila ada acara radio yang Anda suka, dan Anda brasumsi pelanggan juga menyukainya, Anda akan salah langkah bila menghabiskan uang untuk iklan di radio yang bisa terbukti mahal dan tidak efektif.

Baca juga: Mengenal Istilah Warna (basic knowledge)

Bila dana iklan mengalir ke tempat yang salah, Anda berarti membuangnya percuma. Tapi Anda perlu mengenal pelanggan Anda, jadi lakukan survey. Cari tahu dimana mereka suka berkumpul secara online, buku dan majalah yang mereka baca, acara radio yang mereka dengar, dan seterusnya.

Ketika advertising Anda sesuai dengan pelanggan, Anda mulai menarik lebih banyak leads ke bisnis Anda.

Strategi Advertising Online

Sangat penting menggunakan strategi iklan online yang telah tebukti untuk membawa traffic ke website Anda. Anda akan butuh traffic ini untuk bisa mengubahnya menjadi pelanggan yang melakukan transaksi pambayaran.  Berikut ini beberapa strategi advertising online untuk membantu Anda memulainya.

Iklan pay per click

Strategi marketing online yang telah terbukti ini membuat Anda memiliki kontrol terhadap kampanye marketing karena Anda manargetkan traffic tertentu berdasarkan kata kunci yang Anda pilih. Google menjadi sumber traffic teratas untuk marketing bentuk ini. Tapi Anda perlu tahu kalau Anda harus membayar untuk tiap kali orang mengklik iklan Anda.

Postingan blog

Dengan menciptakan blog yang informatif tentang layanan produk Anda, Anda bisa menargetkan pelanggan spesifik. Agar ini berhasil, Anda perlu pastikan meng-update blog secara teratur.

Video marketing

Ini merupakan strategi iklan online yang relatif baru. Kapanpun Anda memilih untuk menggunakannya sebagai bagian dari kampanye marketing, Anda perlu pastikan kalau video yang Anda buat cukup menghibur dan informatif agar orang terus membagikan video ini ke orang lain.

Marketing artikel

Dengan menulis dan mengirim artikel informatif ke direktori artikel online, Anda bisa menarik traffic ke website Anda melalui kotak pada akhir artikel Anda. Ini bisa memberi efek positif jangka panjang pada bisnis Anda. Dengan menulis tentang produk atau layanan, Anda bisa menetapkan otoritas diri sendiri. Lebih jauh, artikel ini juga akan menarik traffic mesin pencari ke website Anda.

Forum marketing dan jejaring sosial

Kapanpun Anda berada di forum atau situs jejaring sosial, pastikan Anda memiliki link ke website Anda. Sebagai peserta aktif di komunitas, orang akan mulai melihat kalau Anda membagikan informasi yang bermanfaat. Mereka kemudian akan melihat apa yang Anda miliki di website, dan lalu mengklik untuk melakukan transaksi.

Marketing viral

Melalui marketing viral, Anda bisa menarik traffic ke website Anda. Anda juga bisa mengadakan kontes atau pastikan Anda punya informasi yang bermanfaat. Kapanpun ini terjadi, orang akan memberitahu orang lain tentang website Anda, dan iklan dari mulut ke mulut mulai bekerja.

Traffic trading

Luangkan waktu untuk menemukan website, direktori, dan forum yang relevan dimana Anda bisa mendaftarkan URL Anda. Ini akan membantu meningkatkan visibilitas. Tapi Anda harus pahami kalau kualitas tautan lebih penting dibanding kuantitasnya.

Press release

Tiap kali Anda meluncurkan sesuatu yang baru, lakukan perubahan besar, atau update bisnis Anda, Anda perlu menulis press release untuk dikirimkan. Dengan menjalankan tips marketing ini untuk mempromosikan apa yang Anda lakukan dari website, Anda bisa meningkatkan jumlah traffic yang diterima. Meski ini perlu usaha, seiring waktu website Anda akan menunjukkan kemajuan.

Strategi Iklan Digital Yang Bisa Dilakukan Semua Bisnis Kecil

Optimasi pengalaman mobile untuk pelanggan

Saat ini konsumen cenderung memilih yang lebih praktis, begitu juga dengan kebiasaan berbelanja. Transaksi mobile semakin meningkat jumlahnya. Dengan meningkatnya pertumbuhan konsumsi mobile, jelas kalau brand yang tidak mengakomodasi pembelanja mobile akan tertinggal oleh kompetitor yang jauh lebih inovatif. Untuk tetap jadi yang terdepan, Anda perlu pastikan kalau website benar-benar teroptimasi untuk pengalaman mobile dan memiliki desain yang responsif.

Baca juga: Mengenal Istilah Tipografi

Begitu pula, iklan harus dioptimasi untuk kebutuhan mobile, iklan dengan pesan sederhana, gambar jernih, dan call to action yang jelas akan bekerja paling baik.

Mobile di banyak perangkat

Penting untuk diketahui kalau mobile di sini tidak hanya berarti mobile phone, tapi bisa juga berarti tablet. Dengan tersedianya perangkat di ujung jari pelanggan saat ini, pembelanja digital bisa dan sering kali menggunakan kombinasi desktop, telepon, dan tablet. Bisnis yang bisa mencakup tren lintas device akan berhasil. Pada tahun 2016, para pemimpin di iklan mobile, yang bisa menyediakan pengalaman konsisten dan relevan pada semua device dan interaksi, mengalami tingkat konversi 39 persen lebih tinggi dibanding bisnis dengan kehadiran mobile yang kurang matang.

Untuk bisa hadir dimana-mana, pengiklan harus menggunakan strategi yang mencakup banyak device untuk berhasil menggaet banyak pelanggan agar membeli dan mendorong konversi.

Memanfaatkan media sosial secara efektif

Sesuai dengan jumlah device, perkembangan saluran digital juga meningkat, dan konsumen kini berharap berinteraksi dengan brand melalui saluran yang mereka sukai. Media sosial telah menjadi saluran yang dikenal banyak orang. Sehingga, menggunakan saluran ini sebagai sarana tambahan untuk iklan dianggap penting bagi brand yang ingin berkompetisi. Selain menambah kehadiran sosial dasar dengan menciptakan halaman brand di platform media sosial, pengiklan perlu melakukan penargetan ulang untuk memastikan iklan tidak hanya diberikan di situs penerbit, tapi juga di situs media sosial.

Mengumpulkan data pelanggan

Sebelum menghasilkan iklan yang berdampak besar ke pelanggan, pengiklan perlu mengumpulkan dan menganalisa data pelanggan. Ini bisa dilakukan dengan menggabungkan data pihak pertama dan ketiga dengan tool marketing otomatis untuk menawarkan kampanye iklan optimal pada pengguna individu. Data penting yang perlu dipertimbangkan antara lain browse history dan riwayat pembelian.

Meningkatkan pengalaman pelanggan

Meski dengan banyaknya data pelanggan yang tersedia untuk pengiklan saat ini, iklan bisa mengganggu pengalaman pelanggan dengan pesan yang tidak relevan dan gambar yang mengganggu.

Baca juga: Pentingnya Menyajikan Annual Report. Cetak Sekarang Juga!

Sebanyak 71 persen konsumen lebih memilih iklan personal, pengiklan perlu memiliki data analitis untuk memberi iklan yang relevan dan tertarget. Pesan yang disesuaikan ini akan meningkatkan pengalaman online pelanggan dan membantu brand meningkat diantara pesaing lain.

Ada banyak kesempatan untuk monetisasi melalui advertising. Kuncinya adalah mengetahui siapa pelanggan target Anda, dimana mereka berada, dan dimana menemukan orang seperti mereka, serta mengalokasikan sumber yang Anda miliki ke saluran yang tepat.

Source: https://www.dewaweb.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *