fbpx

Pentingnya Menyajikan Annual Report. Cetak Sekarang Juga!

Annual report atau laporan tahunan merupakan laporan perkembangan dan pencapaian yang diraih oleh sebuah perusahaan dalam satu tahun. Data yang akurat merupakan dasar dalam penyusunan laporan tahunan. Annual report merangkum laporan keuangan dan prestasi yang dicapai sebuah perusahaan dalam periode satu tahun.sebuah perusahaan telah menjadi salah satu media untuk menarik perhatian calon investor, baik lokal maupun asing.B

Karena itu, sebaiknya annual report disajikan dalam dua bahasa atau bilingual, yakni Indonesia dan Inggris. Kemudian cobalah untuk diunggah ke dalam website perusahaan dan sebaiknya menggunakan dua bahasa. Pemerintah melalui OJK juga selalu mendorong agar korporasi menyajikan website dalam bilingual. Penggunaan dua bahasa dalam laporan tahunan ini menjadi salah satu aspek Kriteria Umum dari Annual Report Award (ARA).

Menyusun laporan tahunan memiliki beragam fungsi, seperti berikut ini fungsi membuat atau mencetak annual report.

1. Dapat mengetahui pencapaian perusahaan dalam satu tahun.

2. Merupakan media pemasaran yang kreatif, melalui tulisan dan desain.

3. Meningkatkan daya tarik konsumen atau investor.

4. Dokumen lengkap yang menyajikan neraca laba dan rugi perusahaan.

5. Mendeskripsikan mengenai perusahaan dan pekerjaan masing-masing divisi perusahaan.

Menyusun laporan tahunan bukanlah pekerjaan yang mudah dan dapat dilakukan dengan cepat. Biasanya seorang profesional di bidang humas yang menyusun laporan tahunan, sebab mereka lebih memahami detail tentang perusahaan. Dalam menyusun laporan tahunan harus memperhatikan poin-poin seperti berikut ini.

anual-report-04
  • Laporan dibuat untuk memberikan informasi kepada publik mengenai prestasi perusahaan.
  • Laporan tahunan ditujukan untuk calon investor, analis keuangan, karyawan, pemerintah, serta media massa.
  • Menentukan poin-poin penting yang akan disampaikan kepada publik.
  • Membuat ulasan yang disertai dengan grafik, dan foto dengan desain yang lengkap dan menarik.
  • Mengelompokan laporan keuangan berdasarkan beberapa bagian seperti ringkasan keuangan, operasi perusahaan, surat kepada investor, perkembangan perusahaan, pernyataan keuangan, hingga informasi mengenai karyawan dan direksi perusahaan.
  • Menyertakan komentar pimpinan perusahaan dengan tujuan menunjukan bahwa manajemen memiliki komitmen dalam memenuhi visi dan misi perusahaan.
anual-report-06

Laporan tahunan yang lengkap dan menarik akan menjadi sarana informasi dan promosi perusahaan yang efektif kepada publik. Banyaknya laporan dan tebalnya halaman yang terdapat dalam buku laporan keuangan atau annual report biasanya membuat pembaca merasa sangat malas dan bosan untuk membaca dan menganalisanya. Maka dari itu untuk menyajikan yang terbaik dan menarik, pengerjaan laporan tahunan harus dikemas sedemikian rupa dengan desain grafis, tata letak foto gedung dan rutinitas pekerja  yang tidak membosankan dan profesional. Namun sayangnya, tidak setiap perusahaan mempunyai tim desain yang mumpuni untuk menciptakan annual report yang terbaik. Salah satu faktor yang membuat laporan tahunan itu membosankan karena isinya sendiri sebagian besar tabel dan chart. Peran desainer grafis disini sangat menentukan menarik atau tidaknya sebuah annual report itu.

Source: www.uprint.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *